-->

Berlangganan postingan terbaru via E-mail

Masukkan Email anda di sini:

Selasa, 29 Maret 2011

Kenali teman anda

teman adalah sesuatu yang tak bisa kita lepaskan kita sebagai mahluk sosial. dalam setiap interaksi sosial hubngan manusia satu dengan manusia lainya atau indvindu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok adalah sesuatu yang baku. apabila seseorang dapat berinteraksi sosial yang baik di keluarga dan masyarakat tentu lah ia akan di senangi dan mendapatkan reward dari orang lain.

namun dalam hubungan sosial atau interaksi sosial kita kadang jengkel dengan orang lain. dan menyebabkan konflik yang berkepanjangan. nah, anakmansa mau berbagi informasi tentang jenis teman.
1. teman karena sebuah pertemuan (friend in meeting)
yang dikatakan teman karena pertemuan (friend in meeting) adalah kita kenal dan saling berinteraksi baik mendapatkan feedback namun bukan karena kepentingan tertentu. contoh dari teman karena pertemuaan adalah teman sekolah, kampus kantor, rekan kerja, dll.
2. teman yang intim (friendship) atau sahabat
adalah teman yang dalam pengertian bukan hanya sekedar berteman dalam pertemuan saja nmun lebih menekankan pada aspek psikologis kedua belah pihak. biasanya golongan ini terjadi pada dua belah pihak, namun jarang ada orang yang dalam sebuah sahabat yang tejadi lebih dari dua pihak. memang kadang kita punya sahabat lebih dari satu, namun bukan jumlah yang anakmansa maksudkan disini. contoh: pertemanan saya(anakmansa) dengan sahabat saya yang bernama muamar. dan anda bisa mencontohkan itu pada diri anda.
3. teman karena kepentingan
nah..golongan yang ketiga ini sedikit sekali membawa kebaikan.mereka akan berteman dengan kita karena memang dia punya kepentingan terhadap kita. saat kita dibutuhkan biasanya mereka akan memutar otak supaya bisa mendapatkannya dari kita. pahitnya saat kita sudah tak dibutuhkan kita akan ditinggalkan begitu saja. waspadalah pada golongan yang ketiga ini, kebanyakan mereka ini adalah golongan elit politik, artis, pejabat, dll.
mulai sekarang perbanyak lah teman. ciptakan lah hubungan yang kondusif dan terjaga. memiliki 1000 teman rasanya kurang, dan memutus silaturahmi dengan satu orang rasanya sangat berlebihan.

wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yah udah baca artikel ini!!!
Eitt, kasih comment donkk!