-->

Berlangganan postingan terbaru via E-mail

Masukkan Email anda di sini:

Sabtu, 28 Agustus 2010

Buah Beri Mampu Bersihkan Otak

BUAH beri memang dikenal dapat melawan gejala penuaan dini seperti kepikunan dan ternyata hal itu dilakukan buah beri melalui proses pembersihan pada otak. 

Para peneliti telah menemukan bahwa kandungan polifenol pada buah beri mengaktifkan mekanisme pembersihan alami pada otak. Proses pembersihan itu juga mendaur ulang protein beracun yang terkait dengan hilangnya memori dan penurunan mental yang kerap dialami orang ketika menua. 

Ilmuwan AS memfokuskan penelitiannya pada sel sistem kekebalan tubuh khusus pada otak yang bernama mikroglia yang menelan, menghapus, dan mendaur ulang sisa-sisa biokimia yang berbahaya. Ketua tim, Dr Shibu Poulose, dari Pusat Penelitian Nutrisi dan Penuaan Manusia di Boston, Massachusetts, mengatakan, "Dalam proses penuaan, seiring dengan pertambahan usia, mikroglia perlahan-lahan tidak berfungsi sebagaimana semestinya sehingga pekerjaannya pun menumpuk." 

Alih-alih bekerja, mikroglia malah menjadi overaktif dan mulai merusak sel-sel sehat di otak. "Penelitian kami menunjukkan bahwa kandungan polifenol pada buah beri berperan sebagai penyelamat dengan mengembalikan fungsinya seperti semula." Ia menambahkan bahwa ini adalah penemuan pertama yang membuktikan efek dari buah beri. 

Guna mendukung hasil itu, peneliti juga mempelajarinya dalam otak tikus. Ditemukan bahwa ekstrak bluberi, stroberi, dan acai beri menahan aksi protein yang bermaksud menghentikan fungsi mikroglia. Penemuan ini telah dipresentasikan pada Pertemuan Nasional Komunitas Kimia Amerika ke-24 di Boston.



Sumber: http://www.metrotvnews.com/mobile-site/text-detail.php?read=27269&tgl=2010-08-27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yah udah baca artikel ini!!!
Eitt, kasih comment donkk!